Translate

pengertian bahasa pemrograman 2

pengertian bahasa pemrograman 2

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Sebelumnya  pengertian bahasa pemrograman halaman 2
C++ sangat populer, tidak hanya karena gabungan antara aras tinggi dan aras rendah, tetapi juga karena sifat portabilitas yang dimilikinya, ini artinya C++ dapat ditulis pada satu jenis komputer dan dapat dijalankan pada jenis komputer lain yang berbeda. Hal ini biasanya membutuhkan compiler ulang pada jenis sistem komputer yang akan digunakan, tetapi program yang ditulis tersebut tidak ada perubahan.  Salah satu sistem operasi yang ditulis dengan menggunakan C++ adalah X- Window sistem dan sistem operasi yang dimiliki oleh Macintosh.  Ketika progam C++ ditulis, hal tersebut harus disesuaikan dengan komputer dan disimpan dalam bentuk file. Editor text yang digunakan seperti halnya program pengolah kata. Melalui editor ini, statement ditulis oleh seorang programmer yang disebut dengan kode sumber (source code) dan file yang disimpan disebut dengan file sumber (source file). Setelah kode sumber disimpan dalam bentuk file maka proses translasi (terjemahan) menuju bahasa mesin dapat dimulai. Selama fase ini diproses, sebuah program yang dinamakan dengan preprosesor membaca kode sumber.  Preprosesor mencari baris khusus yang terdapat simbol. Baris ini terdiri dari instruksi yang menyebabkan preprosesor mengubah kode sumber dalam beberapa langkah atau perubahan yang dikehendaki oleh programmer. Selama terjadi phase lanjut, compiler melangkah melalui preproses kode sumber. Translasi tiap instruksi kode sumber menjadi instruksi bahasa mesin yang sesuai. Proses ini akan dibuka oleh beberapa kesalahan sintak yang mungkin terjadi pada program. Kesalahan sintak adalah penggunaan kata yag salah atau tidak sesuai, atau penggunaan operator, tanda baca, atau elemen bahasa yang lainnya. Jika program telah terbebas dari kesalahan sintak yang terjadi, maka compiler akan menyimpan instruksi bahasa mesin yang disebut dengan kode objeck (objeck code) dalam bentuk object file Meskipun sebuah objeck file terdiri dari instruksi bahasa mesin, tetapi hal tersebut bukan sebuah program yang lengkap. C++ telah menyediakan berbagai kelengkapan dengan library yang kodenya telah ada dan biasanya atau kadang- kadang digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang sulit. Sebagai contoh saja library digunakan untuk menangani kode perangkat keras khusus seperti menampilkan pada layar, menangani masukan dari keyboard. Selain itu juga menyediakan routin fungsi matematika seperti operasi kwadrat, perakaran bilangan. Kumpulan kode ini disebut dengan run-time library.  Hampir semua program menggunakan bagian tersebut. Ketika compiler membangkitkan file object, meskipun hal tersebut tidak termasuk dalam code mesin untuk setiap routin run-time library yang mungkin digunakan oleh seorang programmer. Selama phase akhir dari proses translasi, program lain yang disebut dengan linker mengkombinasikan file object dengan routin-routin library yang penting. Lingker akan menghentian langkah setelah file executable telah selesai dibuat. File executable terdiri dari instruksi bahasa mesin atau kode instruksi dan siap dijalankan pada sebuah komputer. Gambar dibawah

NEXT READ 》》pengertian bahasa pemrograman halaman 3
pengertian bahasa pemrograman

pengertian bahasa pemrograman

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Bahasa pemrograman Bahasa pemrograman adalah notasi yang digunakan untuk menulis program (komputer). Bahasa ini dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu bahasa mesin, bahasa tingkat rendah dan bahasa tingkat tinggi.  Bahasa mesin (machine language) berupa microinstruction atau hardwire. Programnya sangat panjang dan sulit dipahami. Di samping itu sangat tergantung pada arsitektur mesin. Keunggulannya adalah prosesnya sangat cepat dan tidak perlu interpreter atau penterjemah Bahasa tingkat rendah (low level language) berupa macroinstruction (assembly). Seperti halnya bahasa mesin, bahasa tingkat rendah tergantung pada arsitektur mesin. Programnya panjang dan sulit dipahami walaupun prosesnya cepat. Jenis bahasa tingkat ini perlu penterjemah berupa assembler.  Bahasa tingkat tinggi (high level language) menyerupai struktur bahasa manusia sehingga mudah dipahami. Bahasa ini tidak tergantung pada arsitektur mesin tetapi memerlukan penterjemah berupa compiler atau interpreter. Secara garis besar ada dua kategori bahasa pemrograman yaitu: bahasa pemrograman aras rendah (low level) dan bahasa pemrograman level tinggi (high level). Bahasa pemrograman aras rendah cenderung mendekati level komputer, ini artinya bahwa bahasanya ditulis mendekati atau sama dengan bahasa mesin komputer, hal ini sangat sulit ditulis karena bahasanya jauh dari bahasa manusia yang digunakan sehari-hari.  Bahasa pemrograman yang lebih mudah dipelajari adalah bahasa pemrograman aras tinggi. Disebut aras tinggi karena bahasanya mendekati level bahasa manusia sehingga lebih mudah dipahami. Gambar dibawah ini merupakan gambaran antara bahasa aras tinggi dengan aras rendah


Dengan gambar tersebut diatas, maka dapat dilihat bahwa menulis program dengan bahasa aras tinggi akan lebih mudah dan dapat dipahami dibandingkan dengan bahasa aras rendah karena bahasanya ditulis dengan kode numerik ataupun dengan sintak yang sangat  pendek sehingga sulit sekali dipahami. Untuk lebih jelasnya beberapa jenis bahasa pemrograman aras tinggi yang digunakan dapat dilihat pada tabel dibawah ini

BASIC .Beginners All‐purpose Symbolic Instruction Code, bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk merancang program sederhana pada programerpemula

 FORTRAN. Formula Translator, Bahasa pemrograman yang dirancang untuk menyelesaikanalgoritmamatematikayangkompleks

 COBOL .Common Business‐Oriented Language. Bahasa pemrograman yang dirancang pada aplikasi bisnis

Pascal. Pemrograman terstruktur, bersifat umum, dan biasanya bahasa pemrogram ini banyak diajarkan
 C.    Pemrogram terstruktur, bersifat umum. Bahasa ini dikembangkan oleh belllaboratories.Bahasa C ini dapat digunakan sebagai bahasa aras tinggi dan aras rendah.

 C++.  Dasar pengembangan C. C++ dapat digunakan sebagai bahasa berorientasi objek,yang tidak ditemukan pada bahasaC. Bahasa ini juga dikembangkan oleh laboratorium Bell

C   atau “C sharp”. Bahasa ini ditemukan oleh microsoft untuk mengembangkan aplikasi pada aplikasi microsoft.NET

Java.  Bahasa ini merupakan bahasa berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sum Microsistem. Dengan java memungkinkan untuk pengembangan program yang berjalan pada jaringan internet atau pada webbrowser.

 VISUAL BASIC.   Bahasa pemrograman microsoft dimana bahasa ini bertujuan untuk pengembangan perangkat lunak yang dapat memudahkan programmer dalam membuat aplikasi berbasis windows.

 Dalam memilih bahasa pemrograman harus memperhatikan hal-hal yang dimiliki oleh bahasa tersebut, dan tentunya setiap bahasa pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan yang harus kita pertimbangan dalam memilihnya.  Pada bahasa C++ mempunyai kemampuan pada bahasa aras tinggi maupun bahasa aras rendah. Bahasa C++ basisnya adalah pengembangan dari bahasa C, selain itu C++ juga mendukung bahasa pemrograman berorientasi objek. Sebenarnya bahasa ini ari awal dikembangkan untuk menulis program sistem operasi sebuah komputer maupun compiler. Karena bahasa C++ mengembangkan C sebelumnya maka kemampuannya C++ diperbaiki dan ditingkatkan daripada bahasa C

NEXT 》》 pengertian bahasa pemrograman halaman 2
pengertian pemrograman komputer

pengertian pemrograman komputer

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.
 Pemrograman Komputer Komputer sebuah mesin yang dirancang untuk mengikuti instruksi. Program komputer merupakan sebuah instruksi yang digunakan oleh komputer untuk memecahkan masalah atau tugas-tugas yang diberikan padanya. Misalnya jika menggunakan komputer untuk menghitung pembayaran pada  seorang pegawai maka langkah- langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1. Menampilkan pesan pada layar “ berapa jam kamu bekerja?” 2. Menunggu pengguna memasukan data jam bekerja dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukan data ke dalam memory. 3. Menampilkan pesan pada layar “ berapa besarnya gaji tiap jamnya?” 4. Menunggu pengguna memasukan data per jam bekerja dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukan data ke dalam memory 5. Komputer melakukan perkalian antara jumlah jam dengan gaji perjam 6. Komputer menampilkan hasil perhitungan gaji pegawai yang harus dibawa pulang. Sekumpulan instruksi-instruksi tersebut diatas disebut dengan algoritma.  Algoritma merupakan kumpulan instruksi yang terdefinisi langkah demi langkah secara baik dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah.  Catatan langkah-langkah ini diurutkan secara sekensial. Dalam algoritma langkah pertama harus dilakukan lebih dahulu sebelum langkah kedua dan seterusnya. Langkah-langkah komputer tidak bisa terbalik.  Pada langkah-langkah 
diatas, komputer diinstruksikan untuk menghitung  besarnya gaji pegawai, untuk dapat bekerja maka langkah- langkah tersebut harus dikonversi bahasa yang bisa diproses oleh komputer, karena kenyataannya prosesor hanya dapat memproses instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin. Prosesor hanya mengetahui penggunaan bilangan sebagai perintah yang harus dilakukan, oleh karena itu algoritma tersebut harus dikodekan menjadi bahasa mesin.  Penulisan bahasa mesin secara  langsung akan sangat sulit dan membosankan.  Supaya penulisan bahasa pemrograman komputer menjadi lebih mudah maka digunakan bahasa aras tinggi yang bahasanya sudah mendekati bahasa manusia. Dengan bahasa inilah programer dapat menulis instruksi- instruksi yang akan dilakukan oleh komputer. Pemrograman dengan menggunakan C++ misalnya akan menjadi lebih mudah dan C++ inilah yang akan mengkonversi bahasa program yang ditulis menjadi bahasa mesin. Dibawah ini merupakan program sederhana yang ditulis dengan bahasa C++.

#include<conio.h>
 #include<iostream>
usingnamespacestd;
intmain()
{ doublejam,besar,bayar; cout<<"BerapaJamKamubekerja?";
cin>>jam; cout<<"Berapabesargajitiapjamnya?"; cin>>besar; bayar=jam*besar; cout<<"KamumendapatkanGaji(Rp)"<<bayar<<endl; getch(); return0; }

  Keluaran program diatas adalah: BerapaJamKamubekerja?10 Berapabesargajitiapjamnya?15000[enter] KamumendapatkanGaji(Rp)150000

  Dengan bahasa pemrograan tersebut diatas, maka instruksi komputer dapat dibuat dengan mudah. Seperti program diatas yang digunakan untuk menghitung gaji pegawai, jika diminta memasukan

data jumlah jam kerja kemudian diisi 10 dan memasukan gaji tiap jamnya 150000 maka komputer akan menghitung dengan mengalikan data tersebut sehingga data keluaran akan muncul 150000.

NEXT 》》 pengertian bahasa pemrograman
pengertian kode ASCII

pengertian kode ASCII

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Kode ASCII ASCII (Sistem American Standard Code for Information Interchange) dan EBCDIC merupakan awal dari set karakter lainnya. ASCII merupakan set karakter yang paling umum digunakan hingga sekarang. Set karakter ASCII terdiri dari 128 – (27) buah karakter yang masing-masing memiliki lebar 7-bit atau gabungan tujuh angka 0 dan 1, dari 0000000 sampai dengan 1111111. Mengapa 7-bit? Karena komputer pada awalnya memiliki ukuran memori yang sangat terbatas, dan 128 karakter dianggap memadai untuk menampung semua huruf Latin dengan tanda bacanya, dan beberapa  karakter  kontrol.  ASCII  telah  dibakukan  oleh  ANSI  (American  National Standards Institute) menjadi standar ANSI X3.4- 1986.

NEXT 》》 pengertian pemrograman komputer
pengertian kode EBCDIC

pengertian kode EBCDIC

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Kode EBCDIC  Sistim Extended Binary Coded Decimal Interchange Code (EBCDIC) merupakan set karakter yang merupakan ciptaan dari IBM. Salah satu penyebab IBM menggunakan set karakter di luar ASCII sebagai standar pada komputer ciptaan IBM adalah karena EBCDIC lebih mudah dikodekan pada punch card yang pada tahun 1960-an  masih  jamak digunakan.  Penggunaan EBCDIC pada  mainframe IBM  masih terbawa hingga saat ini, walaupun punch card sudah tidak digunakan lagi. Seperti halnya ASCII, EBCDIC juga terdiri  dari 128 karakter yang masing- masing berukuran 7-bit. Bila menggunakan ukuran 8-bit maka karakternya menjadi 256 atau 28. Hampir semua karakter pada ASCII juga terdapat pada set karakter EBCDIC.

NEXT 》》 pengertian kode ASCII
pengertian kode BCD

pengertian kode BCD

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Kode BCD Sebelum ASCII dan EBCDIC berkembang terlebih dahulu dikembangkan Binary Coded Decimal (BCD). Metode ini awalnya digunakan pada komputer mainframe IBM. Pada grup ini karakter diwakili oleh 64 - ( 26) lambang. Dengan kode ini, setiap huruf/angka diberikan kode yang terdiri dari enam bit, dua untuk zone dan empat untuk angka. Huruf A sampai dengan I diberikan tanda 11 pada tempat zone. Karena A adalah huruf pertama dalam kelompok ini, maka kodenya adalah: 0001, B sebagai huruf kedua dengan kode: 0010, C adalah 0011 dan seterusnya. Dengan perkataan lain, zone bit yang mempunyai formasi 11 harus juga disertakan pada kode lengkap masing-masing pada grup ini. Grup alfabetik kedua adalah J hingga R, ditetapkan kode awalnya 10, yang juga posisi masing-masing huruf ditentukan oleh angkanya masing-masing. Huruf S hingga Z dibentuk dengan menambahkan angka bit 0010 hingga 1001 berurutan pada kode 01 dimana pada grup ini hanya ada delapan huruf. Angka-angka 0 hingga sembilan diberikan kode 00 di depannya diikuti oleh angka itu sendiri dalam sistim binary. Angka 0 (nol) harus dibedakan dengan tanda kosong (spasi) guna mempermudah cara penggunaan kode.

NEXT 》》 Pengertian kode EBCDIC
pengertian data karakter

pengertian data karakter

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Data Karakter  Beberapa aplikasi menggunakan data yang bukan hanya bilangan tetapi juga huruf dari alfabet dan karakter khusus lainnya. Data semacam ini disebut dengan data alfanumerik dan mungkin dapat ditunjukkan dengan kode numerik. Jika bilangan-bilangan dimasukkan dalam data, maka bilangan-bilangan tersebut juga dapat ditunjukkan dengan kode khusus.  Set karakter alfanumerik secara khusus mencakup 26 huruf alfabet (termasuk huruf besar dan huruf kecil), angka dalam digit sepuluh desimal, dan sejumlah simbol seperti +, =, *, $, …, dan !. Dua kode alfabet yang paling umum dipakai adalah ASCII (American Standard  Code  for  Information  Interchange)  dan  EBCDIC  (Extended  Binary  Coded Decimal Interchange Code). ASCII merupakan kode 7-bit dan EBCDIC berupa kode 8 bit. Jika suatu komputer menangani 8-bit (1-byte) kode lebih efisien, versi 8-bit, disebut dengan ASCII-8 juga telah dikembangkan.  Selain itu ada juga beberapa kode spesial didalam penambahan set karakter alfanumerik. Kode simpanan ini digunakan sebagai signal komunikasi dalam aplikasi dimana data transfer terjadi antara komputer yang dihubungkan melalui baris komunikasi. Misalnya, LF (line feed) dan CR (carriage return) dihubungkan dengan printer, BEL
digunakan untuk mengaktifitaskan bell; ACK (acknowledge), NAK (negative acknowledge), dan DLE (data link escape) berupa signal yang dapat diubah dalam baris komunikasi.  Orang yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia komputer, pasti pernah bekerja dengan ‘kode ASCII’. Dan bagi yang bekerja dengan mesin-mesin mainframe IBM, pasti pernah menjumpai ‘kode EBCDIC’. Di luar ASCII dan EBCDIC, besar kemungkinan anda paling tidak pernah mendengar istilah-istilah lain seperti berikut ini: ISO-8859-1, UCS- 2, UTF-8, UTF-16, atau windows- 1252. Kode-kode apakah itu? ASCII, EBCDIC, ISO-8859-X, UCS-2, UTF- X, dan windows-x merupakan sebagian dari kumpulan character set (set karakter) yang ada di dunia komputer.

NEXT》》 Pengertian kode BCD
konvensi bilangan desimal biner oktal dan heksadesimal h2

konvensi bilangan desimal biner oktal dan heksadesimal h2

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.


  Konversi bilangan bulat desimal ke oktal dilakukan dengan membagi secara berulang-ulang suatu bilangan desimal dengan 8. Sisa setiap pembagian merupakan digit oktal yang didapat.  Konversi bilangan desimal pecahan ke oktal dilakukan dengan cara  Konversi bilangan biner ke oktal lebih mudah dibandingkan konversi bilangan desimal ke oktal. Untuk bagian bulat, kelompokkan setiap tiga bit biner dari paling kanan, kemudian konversikan setiap kelompok ke satu digit oktal. Dan untuk bagian pecahan, kelompokkan setiap tiga bit biner dari paling kiri, kemudian konversikan setiap kelompok ke satu digit oktal. Proses ini merupakan kebalikan dari proses konversi bilangan oktal ke biner  
Konversi bilangan heksadesimal ke desimal dilakukan dengan menjumlahkan hasil perkalian semua digit heksadesimal dengan beratnya.   Konversi bilangan desimal bulat ke heksadesimal dilakukan dengan membagi secara berulang-ulang suatu bilangan desimal dengan 16. Sisa setiap pembagian merupakan digit heksa-desimal yang didapat.  Konversi bilangan desimal pecahan ke heksadesimal dilakukan dengan cara hampir sama dengan konversi bilangan desimal pecahan ke biner, yaitu dengan mengalikan suatu bilangan desimal pecahan dengan 16. Bagian pecahan dari hasil perkalian ini dikalikan dengan 16. Langkah ini diulang hingga didapat hasil akhir  0. Bagian bulat dari setiap hasil perkalian merupakan digit yang didapat.    Konversi bilangan heksadesimal ke biner lebih mudah dibandingkan konversi bilangan heksadesimal ke desimal. Satu digit heksadesimal dikonversi ke 4 bit.
Konversi bilangan biner ke heksadesimal lebih mudah dibandingkan konversi bilangan desimal ke heksadesimal. Untuk bagian bulat, kelompokkan setiap empat bit biner dari paling kanan, kemudian konversikan setiap kelompok ke satu digit heksadesimal.  Pada bagian bilangan pecahan, kelompokkan setiap empat bit biner dari paling kiri, kemudian konversikan setiap kelompok ke satu digit heksadesimal. Proses ini merupakan kebalikan dari proses konversi bilangan heksadesimal ke biner

NEXT》》 Pengertian data karakter
konversi bilangan desimal biner oktal dan hexadesimal

konversi bilangan desimal biner oktal dan hexadesimal

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Konversi Bilangan Sistem bilangan dapat dilakukan konversi menjadi bilangan yang diinginkan. Tujuan konversi ini adalah untuk menjembatani antara manusia dan mesin dalam hal ini komputer supaya dapat berkomunikasi. Manusia lebih mudah memahami bilangan decimal karena memang bilangan decimal merupakan bilangan yang digunakan manusia sehari-hari, sedangkan komputer bekerja dengan bilangan biner.  Komputer yang bekerja dengan bilangan biner tentunya harus bisa disingkat baik penulisan maupun pembacaannya dalah hal ini menggunakan bilangan hexadecimal atau oktal. Karena komputer hanya paham terhadap sat bilangan yaitu biner maka manusia dituntut untuk bisa memahami bagaimana konversi antara bilangan-bilangan tersebut. Konversi bilangan biner ke desimal dilakukan dengan menjumlahkan hasil perkalian semua bit biner dengan beratnya

GAMBAR TIDAK TAMPIL.
.Konversi bilangan desimal bulat ke biner dilakukan dengan membagi bilangan desimal dengan 2 secara berulang-ulang sehingga akan dapat diketahui sisa tiap operasi pembagian. Sisa yang dihasilkan setiap pembagian merupakan bit yang didapat. Dengan cara mengurutkan bit-bit tersebut dari bawah keatas maka dapat diketahui hasil konversi yang telah dilakukan.  cara memisahkan antara bagian bulat dan bagian pecahannya. Konversi bagian bulat dapat dilakukan seperti pada gambar diatas. Sedangkan konversi bagian  pecahan dilakukan dengan mengalikan pecahan tersebut dengan 2, kemudian bagian pecahan dari hasil perkalian tersebut dikalikan dengan 2. Langkah tersebut diulang- ulang  sehingga mendapatkan hasil akhir 0. Bagian bulat dari setiap hasil perkalian merupakan bit yang didapat


Sebuah bilangan desimal real dapat pula dikonversi ke bilangan real biner. Konversi dilakukan dengan

Konversi bilangan oktal ke desimal dilakukan dengan menjumlahkan hasil perkalian semua digit oktal dengan beratnya.  hampir sama dengan konversi bilangan desimal pecahan ke biner, yaitu dengan mengalikan suatu bilangan desimal pecahan dengan 8. Bagian pecahan dari hasil perkalian ini dikalikan dengan 8. Langkah ini diulang hingga didapat hasil akhir 0. Bagian bulat dari setiap hasil perkalian merupakan digit yang didapat. Konversi bilangan oktal ke biner lebih mudah dibandingkan dengan konversi bilangan oktal ke desimal. Satu digit oktal dikonversi ke 3 bit biner.

NEXT READ 》》 Konversi bilangan desimal biner oktal dan heksadesimal halaman 2
sistem bilangan heksadesimal

sistem bilangan heksadesimal

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Bilangan Heksadesimal Sistem bilangan heksadesimal merupakan sistem bilangan basis enambelas. Meskipun operasi pada sistem digital dan komputer secara fisik dikerjakan secara biner, namun untuk merepresentasikan data menggunakan format bilangan heksadesimal karena format ini lebih praktis, mudah dibaca dan mempunyai kemungkinan timbul kesalahan lebih kecil.  Penerapan format bilangan heksadesimal banyak digunakan pada penyajian lokasi memori, penyajian isi memori, kode instruksi dan kode yang merepresentasikan alfanumerik dan karakter nonnumerik. Pada sistem bilangan ini terdapat enam belas lambang, yaitu: H={0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F}  Ciri suatu bilangan menggunakan sistem bilangan heksadesimal adalah adanya tambahan subskrip heks atau 16 atau tambahan huruf H di akhir suatu bilangan. 271heks=27116=271H.

NEXT 》》 KOCara Konversi bilangan
sistem bilangan oktal

sistem bilangan oktal

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

1.5.3. Bilangan Oktal Sistem bilangan oktal merupakan sistem bilangan basis delapan. Pada sistem bilangan ini terdapat delapan lambang, yaitu:  O={0,1,2,3,4,5,6,7}
Ciri suatu bilangan menggunakan sistem bilangan oktal adalah adanya tambahan subskrip okt atau 8 atau tambahan huruf O di akhir suatu bilangan.  1161okt=11618=1161O

NEXT》》 sistem bilangan heksadesimal
penjelasan bilangan biner

penjelasan bilangan biner

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Bilangan Biner Sistem sistem digital hanya mengenal dua logika, yaitu 0 dan 1. Logika 0 biasanya mewakili kondisi mati dan logika 1 mewakili kondisi hidup. Pada sistem bilangan biner, hanya dikenal dua lambang, yaitu 0 dan 1. Karena itu, sistem bilangan biner paling sering digunakan untuk merepresentasikan kuantitas dan mewakili keadaan dalam sistem digital maupun sistem komputer.  Digit bilangan biner disebut binary digit atau bit. Empat bit dinamakan nibble dan delapan bit dinamakan byte. Sejumlah bit yang dapat diproses komputer untuk mewakili suatu karakter (dapat berupa huruf, angka atau lambang khusus) dinamakan word. Sebuah komputer dapat memproses data satu word yang terdiri dari 4 sampai 64 bit. Sebagai contoh, sebuah komputer yang menggunakan mikroprosesor 32 bit dapat menerima, memproses, menyimpan dan mengirim data atau instruksi dalam format 32 bit.  Pada komputer yang digunakan untuk memproses karakter, maka karakter (yang meliputi huruf, angka, tanda baca dan karakter kontrol) tersebut harus diformat dalam bentuk kode alfanumerik. Format kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) menggunakan format data tujuh bit untuk mewakili semua karakter yang ada termasuk tanda baca dan penanda kontrol. Dengan menggunakan format tujuh 7 bit tersebut, maka ASCII dapat menanpung 27  = 128 data. Sistem bilangan biner merupakan sistem bilangan basis dua. Pada sistem bilangan ini hanya dikenal dua lambang, yaitu:  B={0,1}  Ciri suatu bilangan yang menggunakan sistem bilangan biner adalah adanya tambahan subskrip bin atau 2 atau tambahan huruf B di akhir suatu bilangan.  1010011bin=10100112=1010011B.  Bit paling kiri dari suatu bilangan biner bertindak sebagai bit paling berarti (Most Significant Bit, MSB), sedangkan bit paling kanan bertindak sebagai bit paling tidak berarti (Least Significant Bit, LSB).

NEXT》》 Sistem bilangan Oktal
penjelasan bilangan desimal

penjelasan bilangan desimal

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Bilangan Desimal Sistem bilangan desimal disusun oleh 10 angka atau lambang. Dengan menggunakan lambang-lambang tersebut sebagai digit pada sebuah bilangan, maka akan dapat mengekspresikan suatu kuantitas. Kesepuluh lambang tersebut adalah: D={0,1,2,3,4,5,6,7,8,9}  Sistem bilangan desimal disebut juga sistem bilangan basis 10 atau radiks 10 karena mempunyai 10 digit. Sistem bilangan ini bersifat alamiah karena pada kenyataannya manusia mempunyai 10 jari. Kata digit itu sendiri diturunkan dari kata bahasa Latin finger.  Gambar 1.10. Bilangan desimal Ciri bilangan yang menggunakan sistem bilangan desimal adalah adanya tambahan subskrip des atau 10 atau tambahan D di akhir suatu bilangan.  357des=35710=357D.  Namun karena bilangan desimal sudah menjadi bilangan yang  digunakan sehari-hari, subskrip tersebut biasanya dihilangkan. Sistem bilangan desimal merupakan sebuah sistem nilai posisi.  Bilangan357.  Pada bilangan tersebut, digit 3 berarti 3 ratusan, 5 berarti 5 puluhan, dan 7 berarti 7 satuan. Sehingga, 3 mempunyai arti paling besar di antara tiga digit yang ada. Digit ini bertindak sebagai digit paling berarti (Most Significant Digit, MSD). Sedangkan 7 mempunyai arti paling kecil di antara tiga digit yang ada dan disebut digit paling tidak berarti (Least Significant Digit, LSD). Bilangan35,27  Bilangan ini mempunyai arti 3 puluhan ditambah 5 satuan ditambah 2 per sepuluhan. Koma desimal memisahkan pangkat positif dari 10 dengan pangkat negatifnya 35,2=3X101+5X100+2X10‐1  Secara umum dapat dikatakan, nilai suatu bilangan desimal merupakan penjumlahan dari perkalian setiap digit dengan nilai posisinya.

NEXT》》 penjelasan bilangan biner
sistem bilangan pada komputer

sistem bilangan pada komputer

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

1.5. Sistem Bilangan Sistem bilangan yang paling umum digunakan adalah sistem bilangan desimal, biner, oktal, dan heksadesimal. Sistem bilangan desimal merupakan sistem bilangan yang paling banyak digunakan oleh manusia karena berbagai kemudahannya untuk dipergunakan sehari-hari. Sistem bilangan biner merupakan sistem bilangan yang paling banyak digunakan dalam sistem digital karena sistem bilangan ini secara langsung dapat mewakili logika yang ada, sedangkan sistem bilangan oktal dan heksadesimal biasanya banyak digunakan dalam sistem digital untuk memperpendek penyajian suatu bilangan yang tadinya disajikan dalam sistem bilangan biner, sehingga lebih mudah dipahami atau dihafalkan
Secara umum bilangan dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Ditinjau dari segi koma desimal (point), bilangan dapat dibagi menjadi bilangan bulat (integer number/fixed- point number) dan bilangan pecahan (floating-point number). Dilihat dari dari segi tanda, bilangan dapat dibagi menjadi bilangan tak bertanda (unsigned number) dan bilangan bertanda (signed number).

NEXT》》 Penjelasan bilangan desimal
Prinsip kerja komputer

Prinsip kerja komputer

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Kerja Komputer Komputer yang merupakan mesin penghitung sekarang ini mesin tersebut banyak dipakai untuk pemroses data. Fungsinya sangat sederhana yaitu digunakan untuk memproses data, kemudian hasil prosesnya diselesaikan secara elektronis didalam Central Processing Unit (CPU) dan komponen lainnya yang menyusun sebuah komputer personal.  Suatu sinyal yang dikirimkan dari suatu pemancar (transmitter) ke penerima (receiver) untuk berkomunikasi adalah berupa data.  Data-data yang biasa dijumpai sehari-hari memiliki banyak bentuk, antara lain: suara, huruf, angka, dan karakter lain (tulisan tangan atau dicetak), foto, gambar, film dan lain sebagainya. Suatu sistem yang dapat memproses nilai yang kontinyu berbanding terhadap waktu dinamakan sistem analog. Pada sistem analog, nilainya biasa diwakili oleh tegangan, arus dan kecepatan. Berikut ini adalah gambar grafik nilai tegangan analog terhadap waktu

dis din un dig dig da Sistem y skrit (lang namakan dig ntuk menu gunakan si git. Sinyal apat “d  yang memp gkah dem gital. Pada s unjukkan s mbol yang pada gam idigitalkan” proses nila i langkah sistem digita suatu nila dinamakan mbar diatas dengan ai ) al ai n s n menggu Convert sinyal k dengan (tiap s gambar unakan An ter (ADC). kontinyu me menyampl satuan wa r dibawah ini nalog to ADC men njadi sinyal lingnya tiap aktu). Perh i. Digital ngubah diskrit p detik hatikan

pe da Komputer erangkat e apat diolah r adalah elektronik. h adalah h sebuah Data yang  h g direpres Sinyal sentasikan o yang d oleh sinyal digunakan listrik. bisa

Maaf tulisan terdapat kata yang hilang kami akan segera melakukan perbaikan.

NEXT 》》 sistem bilangan pada komputer
input output pada komputer h3

input output pada komputer h3

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

berlangsung, sampai pada saat transfer data itu selesai.  Dengan  menerima  interupsi,  maka  proses  yang  tadinya  sudah  terhenti,  kini memiliki peluang melanjutkan kembali. cara melanjutkan proses yang sudah terhenti itu adalah melalui interupsi. Protokol transfer data dengan akses memori langsung (direct memory access) merupakan suatu proses yang cukup rumit. Mula-mula penggerak piranti membaca data di dalam blok secara berurutan. Setelah itu, penggerak piranti perlu memeriksa apakah data yang dibaca itu tidak mengandung kekeliruan. Jika tidak terdapat kekeliruan, maka prosesor akan membaca semua data dari atau ke memori kerja melalui penampung (buffer). Karena prosesor harus terlihat dalam pembacaan data, maka selama pembacaan dan penulisan itu berlangsung, prosesor tidak dapat mengerjakan pekerjaan lain. Untuk membebaskan prosesor dari aktifitas ini, maka diciptakan penggerak yang dapat mendukung protocol transfer data akses memori langsung (direct memory access).  Pada protokol ini, prosesor diinterupsi pada saat transfer data dimulai. Setelah itu, prosesor  tidak  lagi  ikut  mencampuri  kegiatan transfer data  itu.  Kemudian,  pada  saat transfer data selesai, barulah prosesor diinterupsi sekali lagi. Dengan demikian, di antara saat awal dan saat akhir transfer data itu, prosesor dapat melaksanakan pekerjaan lain.  Karena protocol transfer data melalui akses memori ini membebaskan prosesor untuk melaksanakan pekerjaan lain, maka protocol ini lebih unggul dari kedua protocol lainnya.  Protokol transfer data dengan penggerak piranti. Penggerak piranti juga dikenal sebagai devide driver. Penggerak piranti ini berbentuk piranti lunak yang menghubungkan prosesor dengan  alat,  tentunya  melalui  penggerak  alat.  Bahkan  register  pada  penggerak  alat dimanfaatkan oleh penggerak alat untuk menyalurkan informasi dari prosesor kealat dan demikian pula sebaliknya.   Dalam keadaan tertentu, satu alat dapat berhubungan dengan beberapa penggerak piranti sejenis. Satu piranti disk atau disket, misalnya dapat berhubungan dengan satu atau lebih penggerak piranti disk atau disket.  Pada saat kegiatan, penggerakan piranti berbentuk proses yang mengendalikan kerja piranti peripheral. Di antaranya, proses tersebut menerima permintaan piranti masukan keluaran (ada kalanya berbentuk suatu antrian), memulai kerja masukan keluaran, menata kekeliruan umum pada penyaluran informasi, melaksanakan interupsi, serta mengirim berita selesai kembali ke proses.  Ada yang mengatakan bahwa tugas utama proses pada penggerak piranti mencakup mencegah permintaan dari satu proses, melaksanakan kerja tertentu pada prose situ, serta memberitahukan  proses  yang  meminta  itu  tentang  hasil  kerja  yang  telah  terlaksana. Proses yang meminta itu adalah proses umum yang tidak tergantung kepada piranti (tidak khas piranti tertentu). Dengan demikian, penggerak piranti menerima perintah umum serta melaksnakan perintah iti pada piranti peripheral
Rincian dari proses itu sendiri berbeda dari piranti menuju alat, misal, penggerak disk (disk driver) merupakan bagian satu-satunya pada sistem operasi yang mengetahui berapa register yang dimiliki oleh penggerak disk serta apa gunanya register itu. Pelaksana disk itu adalah satu-satunya yang mengetahui seluk beluk sector, lintas (track), silinder, hulu, gerak tangkai hulu, factor seling (interleave), waktu pengaturan hulu, serta segala sesuatu yang dapat membuat disk itu bekerja secara benar.  Penggerak piranti bekerja sama secara erat dengan penggerak piranti. Karena itu, ada orang yang menamakan kedua-duanya sebagai penggerak piranti saja (device controller) atau sebagai penggerak  piranti  (device  driver) saja. Di sini, mereka tetap kita pisahkan yakni sebagai penggerak piranti dan sebagai penggerak piranti, sedangkan secara bersama-sama, mereka kita namakan sebagai pengendali piranti

NEXT 》》 Prinsip kerja komputer
input output pada komputer h2

input output pada komputer h2

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

perangkat keras merupakan piranti yang cukup kasar. Penggunaan piranti memerlukan kegiatan yang cukup rumit sehingga dengan membebankan kerumitan iti pada penggerak piranti, sistem operasi tidak perlu terjun ke dalam kerumitan itu.  Setiap penggerak piranti memiliki register untuk mencatat data serta melalui bus, penggerak piranti berhubungan dengan prosesor. Dengan register tersebut, penggerak piranti memonitor  status  piranti,  mengendalikan  pengendali  piranti  pada  motor,  melaksanakan pemeriksaan data serta mengetahui format data dari piranti. Selanjutnya, penggerak diperlukan untuk mengubah perintah prosesor ke dalam pulsa listrik yang sepadan untuk diterapkan kepiranti. Sebaliknya, penggerak piranti juga mengubah informasi tentang status piranti ke dalam bentuk yang dapat dipahami oleh prosesor.  Dengan demikian, penggerak piranti menggerakkan piranti secara elektronika. Pada piranti perekam berbentuk disk atau disket, penggerak piranti mengatur pemutaran disk atau disket itu melalui motor listrik serta mengatur pula gerakan head tulis baca (read write head) pada disk atau disket itu. Pada pencetak, penggerak piranti melaksanakan gerakan head cetak sesuai dengan arah yang ditentukan. Dan demikian seterusnya, penggerak piranti menggerakan piranti peripheral yang bersangkutan dengan penggerak piranti itu.  Setelah piranti itu digerakan oleh penggerak piranti, maka kerja piranti itu selanjutnya perlu diatur melalui suatu pengendali atau subrutin. Salah satu cara pengaturan adalah dengan melalui sebuah protocol transfer data pengendali. Protocol ini dikenal juga sebagai programmed data transfer protocol. Sesuai dengan namanya, pada protokol ini, transfer data diatur oleh pengendali. Pada saat data akan ditransfer dari prosesor kepiranti atau dari piranti ke prosesor, pengendali membuat sehingga semua permohonan interupsi diabaikan. Setelah itu, transfer data dilaksanakan.  Dengan demikian, pada protocol tersebut, tidak dapat mengenal interupsi melalui permintaan.  Sekali  transfer  data dilaksanakan, maka pelaksanaan akan berlangsung sampai  selesai,  kecuali  tentunya  kalau  muncul  interupsi  dan  jenis  interupsi  yang  tak terabaikan. Protokol transfer data pengendali ini sering memanfaatkan pustaka (library) dan spool  (simultameous  peripheral  operation  on  line).  Pada  pustaka,  dapat  dilakukan pemanggilan rutin masukan keluaran tertentu dan bahkan dapat mengatur format masukan keluaran itu. Pada spool, dapat dilakukan pengaturan piranti yang tak dapat dipakai bersama yakni piranti seperti pencetak atau panel kunci ketik.  Protokol  transfer  data  pengendali  dengan  interupsi.  Protokol  ini  juga  dikenal dengan  nama  programmed  interrupt  data  transfer  protocol.  Sesuai  dengan  namanya, protocol ini masih mengenal interupsi melalui permintaan. Dengan demikian, setiap terjadi interupsi, maka interupsi itu dilayani. Pada saat itu,  transfer  data  terputus,  untuk  kemudian  dilanjutkan  lagi  setelah  interupsi  selesai. Selama tiada interupsi, maka transfer data dapat terus....

NEXT READ 》》 input output pada komputer halaman 3
input output pada komputer

input output pada komputer

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Input/Output Dalam sebuah komputer, prosesor dan memori berhubungan dengan berbagai piranti luar yang dihubungkannya. Karena berbagai piranti tersebut merupakan suatu yang ditambahkan dengan prosesor, maka piranti tersebut sering dikenal sebagai piranti peripheral. Piranti tersebut melakukan  komunikasi  dengan  prosesor  yang  diatur  melalui  protocol  tertentu. Selanjutnya, berbagai piranti tersebut memerlukan pengaturan yang dalam hal ini dilakukan oleh sistem operasi.  Sesuai dengan arah penyalurannya, dalam komputer dikenal sebagai piranti Input (masukan), piranti output (keluaran), dan  piranti  input output (masukan keluaran).  Diantara  berbagai  jenis  piranti  tersebut terdapat  piranti perekaman informasi berbentuk disk atau disket. Piranti tersebut sering dikenal dengan pheriperal. Biasanya peripheral dibuat oleh berbagai perusahaan untuk berbagai kegunaan.  Pada piranti tertentu, bagian sistem pengelolaan piranti itu dibuat juga oleh perusahaan pembuat piranti bersangkutan. Tentunya pembuatan bagian sistem operasi pengelolaan piranti itu telah disesuaikan dengan sistem operasi yang pada umumnya ada di dalam sistem komputer.  Bagian sistem operasi untuk pengelolaan piranti peripheral itu secara khusus, diatur oleh pengendali piranti secara umum

oleh piranti lunak pengatur piranti (driver). Arah  komunikasi  masukan  keluaran  bersangkutan  dengan  alamat.  Mereka menunjukan dari alamat mana ke alamat mana, masukkan dan keluaran itu mengarah. Masuk  ke  suatu  alamat  dapat  berarti  keluar  dari  alamat yang  lain,  dan demikian  pula sebaliknya.  Dalam hal ini prosesor dijadikan sebagai alamat acuan untuk masuk atau keluar. Masukan berarti masuk menuju prosesor atau menuju piranti yang sedang dikelola oleh prosesor. Keluaran artinya keluar dari prosesor atau dari piranti yang sedang dikelola oleh prosesor.  Dengan demikian, dapat dinamakan sebagai suatu piranti masukan manakala piranti itu memasukan informasi ke prosesor atau memori kerja. Cara serupa, dapat dinamakan sebagai piranti keluaran manakala piranti itu menerima informasi dari prosesor atau memori kerja.  Selain tahu dimana saja letak peripheral, prosesor juga harus dapat mengendalikan piranti  peripheral  itu.  Pengendalian  itu  terdiri  atas  dua  bagian.  Bagian  pertama  adalah pengaturan  perangkat  keras  yang berupa penggerak piranti (device controller) serta bagian kedua adalah pengaturan perangkat lunak berupa protocol transfer data (data transfer protocol).  Protocol transfer data dikenal ada lima macam protocol data. Pertama adalah protocol transfer data pengendali, kedua adalah protocol transfer data serta pengendali dengan interupsi, ketiga adalah protocol transfer data dengan akses memori langsung , keempat adalah protocol transfer data dengan penggerak piranti, serta kelima adalah protocol transfer data bebas piranti.  Kerjasama antara penggerak piranti dengan protocol transfer data memungkinkan prosesor  mengendalikan  piranti  peripheral.  Biasanya,  pengendali  piranti  telah  disiapkan  oleh perusahaan pembuat piranti peripheral serta disesuaikan dengan sistem komputer dimana piranti peripheral itu dipasang. Adakalanya, bersama-sama dengan piranti penghubung lainnya, pengendali  piranti  terpasang  pada  kartu  antar  muka  (interface  card).  Dengan memasang kartu antar muka ke sistem komputer, maka telah dapat memasang juga pengendali piranti yang siap diperintah oleh pengendali aplikasi atau oleh pemakai komputer.  Biasanya  piranti  peripheral  terdiri  atas  bagian  mekanik  dan  bagian  elektronika. Kalau bagian mekanik adalah piranti peripheral itu sendiri, maka bagian elektronika yang mengatur kerja piranti mekanik itu, atau biasanya dinamakan penggerak piranti (device controller) atau  adapter. Dengan demikian, pada sejumlah piranti yang memiliki penggerak piranti tersebut berbentuk rangkaian elektronika.  Bahkan  dalam  banyak  hal,  rangkaian  elektronika  itu  disusun  dalam  suatu papan rangkaian  tercetak  (printed  circuit).  Dengan  adanya  rangkaian  ini,  maka  sistem  operasi selalu berurusan dengan penggerak piranti serta tidak berurusan langsung dengan pirantinya.  Salah satu sebab mengapa sistem operasi selalu berhubungan dengan penggerak piranti dan tidak dengan piranti itu sendiri, adalah karena pada umumnya, piranti

NEXT READ 》》input output pada komputer halaman 2
Memory Flash

Memory Flash

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

1.3.2.5. Memori Flash  Flash merupakan teknologi ROM yang terbaru, dan sekarang ini paling banyak digunakan. Flash Memori merupakan EEROM yang dapat ditulis dan hapus ulang berkali-kali. Flash memori mempunyai kapasitas yang sangat besar diatas ROM standard.  Flash Chip ini sering juga dikenal sebagai flash ROM atau Flash RAM. Karena ROM tersebut tidak seperti standard ROM atau standard RAM sebelumnya, maka hal tersebut dapat juga disebut dengan flash saja untuk menghindari kekacauan penyebutan antara RAM dan ROM sebelumnya.  Flash memori secara umum diatur menjadi beberapa sektor memori, dan hal ini akan menguntungkan, karena pada tiap- tiap sektor memungkinkan dihapus dan ditulis ulang tanpa mempengaruhi isi sektor lain.  Hal yang khusus pada flash memori adalah sebelum ditulisi, sektor akan dihapus terlebih dahulu, sehingga hal tersebut tidak akan terjadi overwrite seperti pada RAM.  Ada beberapa perbedaan- perbedaan teknologi flash terutama pada penghapusan dan penulisan yang dibutuhkan oleh piranti tersebut.

NEXT 》》 Input output pada komputer
ELECTRICALLY ERASABLE ROM

ELECTRICALLY ERASABLE ROM

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

Electrically Erasable ROM (EEROM) EEROM adalah memori yang dapat dihapus/tulis secara elektris, atau Electrically Erasable Programmable Read Only Memory dan sering dikenal dengan sebutan sebagai EEPROM. EEPROM dapat dihapus dan ditulis ulang dengan tidak perlu dilepas dari rangkaiannya, sehingga menjadi sangat praktis dan effisien.  Pemrograman dan penghapusan data  pada EEPROM dapat dilakukan dengan cepat dibandingkan dengan memori ROM sebelumnya. Hal inilah yang membuat alasan mengapa EEPROM berkembang pesat

Kapasitas memori EEPROM biasanya hanya beberapa kilobyte saja. Memori ini tidak cocok sebagai firmware, biasanya memori ini digunakan untuk menyimpan informasi atau data sistem, sehingga ketika listrik terputus, datanya tidak akan hilang.

NEXT 》》 MEMORY FLASH
ERASABLE READ ONLINE MEMORY

ERASABLE READ ONLINE MEMORY

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.
Erasable Read Only Memory (EPROM) OTP ROM mempunyai  sifat hanya diprogram sekali, dan hal ini menyebabkan pemborosan karena jika data telah dimasukan dalam OTP ROM dan terdapat kesalahan tidak bisa dihapus lagi, dan harus ganti dengan yang baru serta yang lama harus dibuang. Hal ini jelas merupakan kelemahan dari ROM tersebut. Dengan demikian perlu adanya ROM yang baru yang bisa diprogram ulang, jika data yang dimasukan dalam ROM terdapat kesalahan.  ROM yang muncul setelah OTP ROM adalah jenis ROM yang Erasable Read Only Memory yang sering disebut dengan EPROM. ROM ini sangat cocok untuk pengembangan sistem. Cara menghapus data yang berada dalam EPROM adalah dengan memberikan cahaya ultraungu melalui jendela kecil yang terdapat pada chip dengan waktu tertentu.  Setelah berapa saat data yang berada dalam chip tersebut akan terhapus dan menjadi data berlogika tinggi semua.  Setelah data yang berada pada EPROM terhapus memungkinkan untuk dapat memprogram kembali.  EPROM banyak digunakan dalam pengembangan sistem karena kepraktisanya serta lebih hemat dibandingkan dengan OTP ROM. Biasanya OTP ROM dan EPROM mempunyai kapasitas yang sangat kecil dibandingkan dengan kapasitas memori yang ada sekarang ini. Kapasitas ini biasanya hanya beberapa kilobyte saja, tetapi walaupun begitu memori ini tetap digunakan pada berbagai peralatan tertentu, hal ini dikarenakan berbagai pertimbangan yang tidak mungkin digantikan oleh memori jenis lain. Kelemahan jenis memori EPROM ini adalah bahwa chip harus dipindahkan dari rangkaian ketika akan melakukan penghapusan data yang ada didalamnya. Selain itu dalam melakukan hapus, memerlukan waktu beberapa menit. Dalam melakukan penulisan program ke dalam chip juga harus memindahkannya ke memori EPROM programer. Hal tersebut jelas sangat menyulitkan dan memakan waktu, sehingga dengan munculnya teknologi memori sekarang ini, jenis EPROM mulai ditinggalkan dan jarang digunakan

NEXT 》》 Electrically Erasable ROM (EEROM)
Read Online Memory

Read Online Memory

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

 Read Only Memory (ROM) Read Only Memory (ROM) adalah memori yang hanya dapat dibaca saja. ROM bersifat Nonvolatile memory, karena memori ini dapat mempertahankan muatannya. ROM biasanya lebih lambat dibanding RAM, dan sangat lebih lambat dibanding RAM statis. Fungsi ROM yang utama di dalam suatu sistem adalah menjaga kode atau data yang diperlukan, seperti untuk inisialisasi pada saat start. Perangkat lunak tersebut biasanya dikenal sebagai firmware. Firmware berisi perangkat lunak inisialisasi komputer dan penempatan sarana Input/Output (I/O) ke dalam suatu status yang dapat dikenal.  Standard ROM dibuat oleh suatu deretan diode yang sangat banyak. Ketika datanya kosong, semua data ROM dalam kondisi berlogika 1, ini artinya data ROM pada 8 bit adalah 0FFH. Ketika mengisikan data kedalam ROM sering dikenal dengan burning ROM. Pengisian data ini dilakukan dengan mengubah data yang berada dalam ROM yang semuanya berupa data 1 dengan menciptakan data nol pada penempatan bit. Suatu piranti yang digunakan untuk memindahkan data disebut ROM downloader atau sering juga disebut dengan ROM Programmer.  ROM biasanya disebut juga dengan One Time Programmable (OTP),  karena sesuai namanya ROM yang hanya bisa dibaca saja. Pada Industri komputer ROM biasanya digunakan sebagai firmware. Mask Programmable ROM juga merupakan ROM yang hanya sekali diprogram, tetapi tidak sama dengan OTP, karena Mask Programmable ROM diprogram oleh industri pembuatnya sebelum dipasarkan. Sedangkan OTP biasanya diprogram oleh pengguna sesuai dengan keinginan dan setelah di program tidak bisa diprogram ulang.

NEXT 》》 ERASABLE READ ONLINE MEMORY (EPROM)
Random Access Memory

Random Access Memory

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.
Random Access Memory (RAM) RAM adalah memori yang dapat diakses secara Acak. Nama ini sebenarnya sebenarnya kurang tepat, karena kebanyakan memori komputer dapat diproses secara akses acak. RAM menjadi memori aktif didalam sistem komputer, dimana CPU dapat dengan mudah menulis data pada memori jenis ini.  Data pada memori RAM mudah hilang, jika aliran listriknya terputus. Informasi apapun yang disimpan didalam RAM harus ditahan atau harus ditulis kembali setiap beberapa waktu tertentu, walaupun ada RAM Nonvolatile khusus yang mengintegrasikan battery backup pada sistem.  RAM dapat dikategorikan menjadi dua yaitu: RAM statis  yang sering dikenal sebagai SRAM dan RAM dinamik yang sering dikenal sebagai DRAM. RAM statis menggunakan gerbang logika yang berpasangan  untuk menjaga masing-masing bit data. SRAM mempunyai keuntungan mempunyai proses yang lebih cepat dan mudah digunakan, memerlukan rangkaian pendukung eksternal yang sedikit, dan dengan konsumsi daya yang relatif rendah. Kelemahan SRAM adalah pada kapasitas memori SRAM sangat kecil dibandingkan DRAM, serta teknologinya jauh lebih mahal.  Dengan kapasitas SRAM yang rendah, memerlukan lebih banyak chip untuk digunakan pada penerapan yang sama. Pada rancangan PC modern penggunaan SRAM hanya pada mesin yang membutuhkan kinerja yang sangat cepat seperti pada Cache Memory Prosesor. DRAM menggunakan kapasitor sebagai komponen utamanya untuk mempertahankan data tiap-tiap bit. Deretan kapasitor akan menjaga data hanya dalam waktu yang sangat pendek, selanjutnya data tersebut akan hilang sesuai dengan sifat kapasitor.  DRAM memerlukan penyegaran berlanjut, tiap-tiap penyegaran tersebut sedikitnya seperseribu detik. Penyegaran ini dilakukan secara terus-menerus. Penyegaran tersebut memerlukan komponen pendukung tambahan yaitu komponen eksternal. DRAM mempunyai kelebihan yaitu dapat mempuyai kapasitas yang tinggi.

NEXT 》》 Read Online Memory (ROM)
memory

memory

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.
 Memori Memori digunakan untuk menyimpan perangkat lunak yang berupa data maupun obcode sebuah prosesor. Memori dapat dikategorikan menjadi memori yang dapat menyimpan data secara permanen walaupun listrik yang mengalir pada memori tersebut diputus dan memori ini sering disebut Nonvolatail memory (tidak mudah berubah isinya), dan memori yang bersifat sementara atau data yang disimpan dalam memori tersebut akan hilang jika listrik yang mengalir diputus, dan jenis memori ini sering disebut dengan Volatail memory.  Kedua jenis memori tersebut mempunyai kelebihan serta kelemahan masing-masing, sehingga penggunaannyapun  disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Memori diimplementasikan dalam bentuk chip yang didalamnya berisi ribuan komponen elektronika. Memori ini dapat digambarkan dalam blok diagram seperti gambar dibawah

Gambar tersebut diatas adalah memori yang terdiri dari bus alamat yang dikodekan dengan A0 – A9. Bus alamat ini bersifat satu arah yaitu sebagai masukan sja. Selain bus alamat terdapat juga bus data sebanyak 8 bit yang bersifat dua arah sebagai masukan maupun keluaran.  Bus yang dimiliki memori selain bus alamat dan data adalah bus kendali. Bus alamat digunakan untuk memilih data yang disimpan pada lokasi memori, dimana banyaknya lokasi pada tiap blok memori adalah 2n,, jika n = 10 maka jumlah lokasi memori yang mungkin adalah 210 = 1024 bit.  Setiap bit data tersimpan dalam memori dalam bentuk biner 0 atau 1. Jika banyaknya lokasi dikalikan dengan jumlah banyaknya bit dalam tiap lokasi, untuk 10 alamat bit maka akan memperoleh kapasistas memori 1024x8 bit
Next 》》 Random Access Memory
cpu

cpu

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

1.3.1. Central Processing Unit (CPU) CPU atau yang sering disebut prosesor merupakan bagian terpenting pada sebuah komputer. Dalam sistem komputer, prosesor menjadi bagian yang menjalankan komputasi dari komputer tersebut.  Prosesor adalah suatu piranti elektronik yang mampu melakukan manipulasi data dengan cara yang disesuaikan oleh suatu urutan instruksi. Instruksi tersebut berfungsi sebagai opcode atau kode mesin. Urutan instruksi ini dapat diubah dan disesuaikan dengan aplikasi, hal ini dikarenakan sifat  komputer yang programmable. Urutan instruksi adalah sesuatu yang  mendasari sebuah program. Instruksi pada sebuah komputer adalah berupa angka-angka. Angka yang berbeda, ketika dibaca dan yang dieksekusi oleh suatu prosesor, akan menyebabkan sesuatu hal yang berbeda pula. Instruksi pada sebuah mesin menyesuaikan dengan machine code yang sesuai, ini artinya bahwa setiap prosesor mempunyai instruksi masing-masing sesuai industri yang memproduksinya. Suatu instruksi yang berbeda mempunyai arti bahwa mesin yang diprogram juga berbeda

Next》》 memory
arsitektur komputer

arsitektur komputer

1.3. Arsitektur Komputer Sebuah prosesor atau yang sering disebut dengan central Procesing Unit (CPU) pada sebuah komputer tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan kerja sebagai pemroses. CPU memerlukan komponen-komponen pendukung seperti memori untuk menyimpan data dan program, serta piranti I/O (Input/Output) yang digunakan untuk memindahkan data antara komputer dan dunia luar.  Selain itu juga komputer memerlukan clock (detak) sebagai penggerak prosesor dalam memproses data.  Mikroprosesor adalah suatu pengolah yang dibentuk oleh sebuah chip tunggal atau sering disebut integrated circuit. Mikroprosesor ini sering ditemukan pada sebuah superkomputer, komputer PC, atau sekarang ini hampir semua pengolah data modern adalah mikroprosesor.  Mikroprosesor yang paling banyak digunakan saat ini adalah: seri Intel Pentium, Freescale/IBM PowerPC, MIPS, ARM, and the Sun SPARC, dan lain-lain.  Blok diagram sebuah sistem komputer dapat ditunjukkan pada Gambar dibawah

se m sa m sis da Pada g ebuah siste emori berisi ama proses enggerakka stem kompu an selalu  Gambar ambar dia em kompu  instruksi da sor melaksa n data. Me uter tidak pe terisi apak Gambar.1. r. 1.4. Diagra agram blok uter diatas an bersama- anakan dan emori suatu rnah kosong kah berupa .5.  Aliran Da  am blok siste k , - n u g a instruks Instruks memori data d proseso ditunjuk  ata pada seb  em kompute si ataupu si diambil menuju pro ibaca dari or ke m kan pada g buah Kompu er  un berupa dan dibaca osesor, seda dan ditulis memori, ha gambar dib uter data. a dari angkan s oleh al ini bawah

Bentuk aliran data arsitektur komputer tersebut diatas dikenal dengan arsitektur Von Neumann, dimana nama tersebut diambil dari penemunya yaitu: Yohanes Von Neumann. Hampir semua komputer modern sekarang ini mengikuti format arsitektur ini.  Pada komputer arsitektur Von Neumann langkah-langkahnya diatur oleh kendali suatu program. Dengan kata lain, komputer mengikuti suatu langkah-langkah program yang memerintahkan operasinya ini.
Next 》》 cpu
perangkat keras komputer1

perangkat keras komputer1

yang benar. Perangkat lunak ini bersifat permanen dan disimpan dalam memori komputer. Perangkat lunak inilah yang dikenal sebagai firmware Firmware digunakan untuk meletakan program bootloader. Bootloader adalah sebuah program khusus dan dijalankan oleh prosesor ketika membaca sistem operasi dari disk atau memori nonvolatile yang kemudian menempatkannya di dalam memori. Bootloader biasanya dimiliki komputer desktop dan workstation. Lapisan perangkat lunak diatas firmware, adalah sistem operasi. Perangkat lunak ini berfungsi mengendalikan operasi komputer, mengorganisir penggunaan memori dan mengendalikan peralatan seperti keyboard, mouse, monitor, disk drive, dan sebagainya. Sistem operasi juga memberikan fsilitas kepada user untuk melakukan antarmuka dengan piranti lain, menjalankan program aplikasi dan mengakses file memori luar seperti Compact Disk (CD).  Sistem operasi, secara umum menyediakan satu set tool untuk program aplikasi, melakukan suatu mekanisme pengaksesan monitor, disk drive, dan seterusnya.  Kenyataan dilapangan sebuah komputer tidak semua menggunakan sistem operasi. Sering juga komputer bersifat sangat sederhana dan langsung menjalankan tugasnya. Pada permasalahan tertentu, seperti router jaringan, perangkat lunaknya terintegrasi dan sangat sederhana proses pengembangan. Perangkat lunak pada lapisan paling tinggi adalah perangkat lunak aplikasi yang merupakan program yang langsung berhubungan dengan kemampuan sebuah komputer. Kemampuan sebuah komputer sangat tergantung pada aplikasi perangkat lunak sistem
Next 》》 arsitektur komputer
perangkat keras komputer

perangkat keras komputer

Perangkat Keras Komputer Komputer merupakan sebuah mesin yang bekerja untuk  memproses, menyimpan, serta mendapatkan data. Data-data tersebut berupa angka, karakter, titik warna, gelombang bunyi atau suatu kondisi sebuah sistem, seperti pendingin atau CD player. Semua data disimpan dalam bentuk angka- angka.  Angka tersebut dalam bentuk bilangan biner yang diwakili oleh angka 1 dan 0 yang sering disebut bit. Supaya mudah dalam mengingatnya, maka komputer mengelompokan data biner tersebut menjadi nible, byte dan word. Dengan mengelompokan tersebut, selain mudah diingat, juga akan memudahkan pengguna dalam menuliskan sebuah program berupa kode yang dimengerti oleh mesin, merancang sebuah struktur data dan algoritma yang komplek. Komputer memanipulasi data dengan melakukan operasi, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian. Hasil manipulasi angka tersebut ditunjukan dalam bentuk gambar pada monitor serta deretan angka-angka pada memori video, dimana masing- masing angka atau sejumlah angka akan mewakili suatu pixel warna.  Untuk memainkan sebuah MP3, komputer akan membaca deretan angka-angka dari disk dan memindahkannya kedalam memori. Selanjutnya komputer menggerakkan angka-angka tersebut untuk dikonversi menjadi data audio yang dimampatkan. Dan yang terakhir adalah data audio yang dimampatkan tersebut akan dikirim ke chip audio. Semua hal yang dikerjakan oleh komputer, mulai dari web browsing  sampai mencetak, melibatkan perpindahan dan pemprosesan angka. Secara elektronis komputer tak lain hanya suatu sistem atau benda yang hanya dirancang untuk menyimpan, dan memindahkan, menggerakkan, serta merubah angka-angka
Gambar 1.1. Bagian-bagian komputer  Komputer terdiri dari beberapa komponen, yang secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu: berupa perangkat keras dan perangkat lunak. Komponen utama pada perangkat keras, terletak pada pusat komputer adalah prosesor, prosesor ini berfungsi mengeksekusi program komputer.  Selain prosesor, komputer juga mempunyai memori. Dalam sebuah komputer biasanya terdapat beberapa memori yang berbeda- beda. Memori ini digunakan untuk menyimpan program ketika prosesor sedang bekerja. Komputer juga mempunyai piranti untuk menyimpanan dan mempertukarkan data dengan dunia luar atau yang sering disebut I/O.  Piranti I/O akan mempertukarkan data, seperti: masukan teks melalui keyboard serta mendisplaykannya pada layar monitor. I/O juga digunakan untuk memindahkan data maupun program ke atau dari suatu disk drive, modem, printer, mouse dan lain-lain
200 fu Ad pe ya dij ko 08 | Direktorat P Ga Perangka ngsi dan op da bebera erangkat lun  Pada per ang paling re jalankan o omputer pe Pembinaan SMK ambar. 1.2. P at lunak me perasi sebua apa lapis nak yang d Gamb rangkat luna endah, pera oleh prose rtama kali K Perangkat K engendalikan ah komputer an (layer igunakan d bar. 1.3. Lap ak tingkatan angkat lunak esor ketika dihidupkan  Keras Sebua n r. r) i dalam lapisan dengan dibawah  pisan Perang  n k  a . Perangk inisialisa tersebut dan me h Sistem Ko komputer. akan sal layer hnya. gkat Lunak kat lunak asi perangk t untuk me ngatur komp omputer Secara ing berhub diatas  ini mela kat keras engetahui k puter pada o umum bungan atau akukan sistem kondisi operasi
Next 》》》 perangkat keras komputer1
pemrograman komputer 》pendahuluan

pemrograman komputer 》pendahuluan

menganalisis keuntungan, untuk membuat laporan keuangan, tetapi pada sebuah pabrik komputer digunakan sebagai kendali mesin- mesin produksi, sedangkan pada seorang mekanik digunakan untuk menganalisis berbagai sistem pada mesin dan permasalahan lainnya. Mengapa komputer menjadi peralatan yang sangat serbaguna?. Jawabanya sangat sederhana, komputer dapat mengerjakan tugas- tugas yang bervariasi karena komputer dapat diprogram. Komputer merupakan sebuah mesin yang khusus hanya mengikuti instruksi yang diberikan padanya.Karena komputer bersifat programmable, sehingga komputer tidak hanya milik satu profesi saja. Komputer dirancang untuk mengerjakan pekerjaan yang sesuai program- program yang diberikannya padanya.  Pekerjaan sebagai programmer merupakan pekerjaan yang sangat penting karena merekalah yang membuat perangkat lunak yang digunakan untuk menginstruksikan komputer sebagai peralatan yang sesuai dengan yang diinginkan. Tanpa programmer, pengguna komputer tidak mempunyai perangkat lunak, dan tanpa perangkat lunak komputer tidak akan bisa mengerjakan apapun. Dalam pemrograman komputer ada dua kombinasi yang tidak terpisahkan yaitu seni dan ilmu pengetahuan. Dikatakan dalam seni karena setiap aspek dalam program harus dirancang dengan hati-hati. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain sebuah komputer adalah sebagai berikut: Aliran instruksi secara logic, Procedure matematik, Tampilan yang akan muncul pada layar monitor, Informasi yang ditampilkan oleh user, Program harus “user friendly”, serta Petunjuk penggunaan maupun bentuk dokumen tertulis lainnya. Pemprograman berkaitan dengan aspek ilmu pengetahuan berkaitan dengan ilmu teknik karena jarang sekali program dapat berjalan baik pada saat program pertama kali ditulis. Biasanya perlu banyak dilakukan percobaan, pembetulan dari kesalahan maupun dirancang ulang sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya hal tersebut diatas maka dibutuhan seorang programmer yang memahami dua kemampuan yaitu seni dan ilmu pengetahuan.  Seorang programmer harus menguasai bahasa yang dimiliki oleh komputer seperti bahasa C++, Java atau bahasa pemrograman lainnya. Bahasa tersebut merupakan cara komputer supaya bisa memahami apa yang diperintahkan karena komputer tidak paham bahasa Indonesia atau bahasa manusia manusia, sehingga programmerlah yang  harus menyesuaikan dengan komputer.  Bahasa komputer mempunyai aturan-aturan yang harus diikuti. Dalam menulis program komputer yang meliputi seni dan ilmu pengetahuan tersebut seperti halnya dalam merancang sebuah mobil, dimana mobil tersebut harus mempunyai tingkat fungsional yang tinggi, efficient, bertenaga maksimal, mudah digunakan, dan amat menyenangkan jika dilihat
Next 》》》
Dasar dasar pemrograman komputer

Dasar dasar pemrograman komputer

BAB 1 DASAR-DASAR  PEMROGRAMAN KOMPUTER  
 1.1. 
Pendahuluan Setiap orang yang bekerja biasanya membutuhkan alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaannya supaya menjadi lebih mudah. Seorang tukang kayu misalnya membutuhkan palu, gergaji dan pengukur. Ahli mesin membutuhkan kunci pas dan obeng. Seorang teknisi elektronika membutuhkan multimeter, oscilloscope dan solder untuk menyelesaikan pekerjaannya.  Beberapa peralatan bantu tersebut dapat dikategorikan sesuai dengan jenis pekerjaannya, misalnya seorang ahli bedah, maka orang tersebut harus mempunyai peralatan yang didesain secara khusus untuk melakukan operasi. Peralatan tersebut tentunya tidak biasa digunakan oleh orang lain selain ahli bedah. Ada beberapa peralatan yang digunakan oleh beberapa profesi, misalnya: obeng digunakan oleh ahli mesin, tukang kayu, tukang listrik dan lain sebagainya. Selain obeng, komputer juga merupakan sebuah peralatan yang digunakan oleh banyak profesi, sehingga hal tersebut sangat sulit dikategorikan pada bidang apa.  Selain seperti dijelaskan diatas komputer juga mencakup banyak pekerjaan yang berbeda atau boleh jadi dapat dikatakan menjadi peralatan yang paling serbaguna yang pernah dibuat.  Pemanfaatan komputer oleh seorang akuntan, digunakan untuk
 1.1.
 Pendahuluan 1.2.
 Perangkat Keras Komputer
 1.3. Arsitektur Komputer
 1.4
. Kerja Komputer 
1.5. Sistem Bilangan 
1.6. Pemrograman Komputer 
 1.7. Bahasa Pemrograman
 1.8. Penulisan Bahasa Pemrograman
 1.9. Element Bahasa Pemrograman 1.10. Bahasa C++ 
1.11. Struktur Bahasa C++ 
1.12. Input/output 1.13. 

Next 》》》》