BAB. 11 GRAFIK
11.1. Pengertian Grafik
11.2. Grafik Library
11.3. Grafik Sederhana
11.4. Animasi Grafik
11.5. Dasar-dasar Game
11.6. Soal Latihan
11.1. Pengertian Grafik
Dalam pemrogram C++ untuk membuat grafik kita harus mengenal GUI (Graphics User Interface). Windows yang kita kenal merupakan aplikasi yang berjalan di atas GUI, jadi tampilan yang keluar pasti berbasis grafik. Berbeda dengan DOS, system operasi ini berbasis teks bukan grafik. Untuk input/outpu berbasis grafik windows mempunyai kumpulan fungsi-fungsi di dalam Windows API (Application Program Interface) yang sering juga disebut GDI (Graphics Device Interface). Apa keistimewaan GDI ? Pemrogram yang berkecimpung dalam dunia grafik dengan DOS mernah merasakan sulitnya membuat aplikasi grafik yang kompatibel dengan card monitor, karena resolusi card yang berbeda kadang harus menyesuaikan dengan membuat rutin yang berbeda. Dengan menggunakan GDI seorang pemrogram dapat dengan mudah membuat aplikasi grafik tanpa mempedulikan kompatibilitas dengan card monitor yang dipakai atau perangkat keras yang lain. Hal ini dikarenakan Windows sudah mengatur semuanya, jadi pemrogram tinggal konsentrasi membuat aplikasi grafiknya atau pembuatan aplikasi citra. Selain itu GDI bersifat device independent, artinya tidak tergantung peralatan fisik yang digunakan. Pernyataan untuk membuat lingkaran ke layar monitor, maupun ke printer, atau ke plotter sama. Tentu saja hal ini amat menguntungkan pemrogram karena hanya mengingat satu perintah saja untuk semua peralatan atau berbagai macam peralatan .
11.2. Grafik Library
Pada pemrograman C++ mempunyai library yang disebut OpenGL. Library ini memanfaatkan Windows API dalam proses pembentukan grafik. Dengan menggunakan OpenGL pembuatan grafik jadi sangat mudah. Namun demikian perlu diketahui bahwa pemrograman menggunakan library harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pembuatnya. Pada prinsipnya kita tinggal memodifikasi program yang telah ada, pada bagian mana yang dimodifikasi agar sesuai dengan keperluannya itulah yang harus dipelajari. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah program berikut: Pada saat membuat proyek baru harus kita arahkan ke library OpenGL Setelah proyek diciptakan maka kita langsung mempunyai main() program yang apabila dijalankan (run) langsung ada hasilnya Selanjutnya tugas pemrogram tinggal memodifikasi bagian- bagian tertentu disesuaikan dengan rancangan program yang telah ditetapkan Gambaran pembuatan proyek baru seperti berikut:
Next read halaman 2.