Translate

tutorial graphic halaman 3

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

merupakan awal dan akhir program yang dijalankan. Pada glBegin ada argumen GL_LINES, ini dimaksudkan untuk membuat garis. Sedangkan apabila hendak membuat bentuk yang lain maka perlu disesuaikan, contoh ada GL_TRIANGLES untuk segitiga, GL_QUADS untuk segi empat, atau GL_POLYGON untuk segi banyak. Perintah glClearColor untuk mengatur warna latar belakang window, dengan format sebagai berikut : glClearColor(red,green,blue,alpha);  seperti perintah sebelumnya argumen yang ada bisa diisi dengan angka pecahan dan dapat dikombinasikan sehingga mendapatkan warna yang menarik. Pada contoh program ini sengaja dibuat putih dengan mengkombinasikan red, green, blue semuanya diisi 1 (1.0). Untuk menciptakan atau mendapatkan perubahan argumen (jika diubah) diperlukan perintah: glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);  yang berarti perubahan warna pada perintah sebelumnya disimpan di buffer yang nanti pada saat eksekusi akan ditampilkan.  Program selengkapnya dapat dilihat di bawah ini:  Program 11.2. 

#include<windows.h> #include<gl/gl.h> /************************** *FunctionDeclarations **************************/ LRESULTCALLBACKWndProc(HWNDhWnd,UINTmessage, WPARAMwParam,LPARAMlParam); voidEnableOpenGL(HWNDhWnd,HDC*hDC,HGLRC*hRC); voidDisableOpenGL(HWNDhWnd,HDChDC,HGLRChRC); /************************** *WinMain **************************/ intWINAPIWinMain(HINSTANCEhInstance, HINSTANCEhPrevInstance, LPSTRlpCmdLine, intiCmdShow) { WNDCLASSwc; HWNDhWnd; HDChDC;  HGLRChRC; MSGmsg; BOOLbQuit=FALSE; floattheta=0.0f; /*registerwindowclass*/ wc.style=CS_OWNDC; wc.lpfnWndProc=WndProc; wc.cbClsExtra=0; wc.cbWndExtra=0; wc.hInstance=hInstance; wc.hIcon=LoadIcon(NULL,IDI_APPLICATION); wc.hCursor=LoadCursor(NULL,IDC_ARROW); wc.hbrBackground=(HBRUSH)GetStockObject(BLACK_BRUSH); wc.lpszMenuName=NULL; wc.lpszClassName="GLSample"; RegisterClass(&wc); /*createmainwindow*/ hWnd=CreateWindow( "GLSample","OpenGLSample", WS_CAPTION|WS_POPUPWINDOW|WS_VISIBLE, 0,0,256,256, NULL,NULL,hInstance,NULL); /*enableOpenGLforthewindow*/ EnableOpenGL(hWnd,&hDC,&hRC); /*programmainloop*/ while(!bQuit) { /*checkformessages*/ if(PeekMessage(&msg,NULL,0,0,PM_REMOVE)) { /*handleordispatchmessages*/ if(msg.message==WM_QUIT) { bQuit=TRUE; } else { TranslateMessage(&msg); DispatchMessage(&msg); 



Next read halaman 4.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »