Translate

Tutorial statement kendali halaman 16

Selamat datang di eagleboot dan selamat membaca.

5.11. Pernyataan SWITCH … CASE 

 Cara lain untuk menangani pengambilan keputusan dalam sebuah program adalah dengan menggunakan Statement switch…. case, yang mampu menangani sejumlah kondisi dari satu variabel. switch .... case serupa dengan If ... Then ..... ElseIf, tetapi lebih efisien apabila percabangan bergantung kepada satu kondisi saja. Dengan menggunakan switch .... case sebagai pengganti dari If ... Then ... Else If, akan membuat program menjadi lebih sederhana. Format penggunaan switch .... case:

 switchnama_variabel { casenilai_1:{ Perintahyangakandieksekusijikamemenuhinilai_1; break;} casenilai_2:{ Perintahyangakandieksekusijikamemenuhinilai_2; break;} default:{ Perintahyangakandieksekusijikatidakmemenuhisemua; exit(0);} } 
 Struktur Select Case dimulai dengan kata Select Case dan diakhiri dengan kata End Select. nama_variabel dapat diganti dengan variabel, properti, atau ekpresi lain yang akan dijadikan sebagai kondisi. Sedangkan nilai_1, nilai 2 dapat diganti dengan angka, string atau nilai lain yang berkaitandengan nama_variabel. Jika salah satu nilai sesuai dengan variabel, maka pernytaan di bawah kata case akan dijalankan dan Visual Basic akan melanjutkan mengeksekusi program setelah End. Anda dapat menggunakan kata case sebanyak mungkin dalam struktur select... case, dan anda juga dapat menyertakan lebih dari satu nilai pada kata case.  Jika anda menyertakan banyak nilai setelah case, pisahkan dengan tanda koma.
  SelectCaseintAge Case5:lblTitle.Caption="Kindergarten" Case6:lblTitle.Caption="1stGrade" 
Case7:lblTitle.Caption="2ndGrade" Case8:lblTitle.Caption="3rdGrade" Case9:lblTitle.Caption="4thGrade" Case10:lblTitle.Caption="5thGrade" Case11:lblTitle.Caption="6thGrade" CaseElse:lblTitle.Caption="Advanced" EndSelect 

 Bentuk dari SWITCH - CASE merupakan pernyataan yang dirancangan khusus untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif penyelesaian. Pernyataan SWITCH - CASE ini memiliki kegunaan sama seperti IF – ELSE bertingkat, tetapi penggunaannya untuk memeriksa data yang bertipe karakter atau integer. Bentuk penulisan perintah ini sebagai berikut :

 switch(ekspresiintegerataukarakter) { casekonstanta‐1: …perintah; …perintah; break; casekonstanta‐2: …perintah; …perintah; break; …… …… default: …perintah; …perintah; }  
Setiap cabang akan dijalankan jika syarat nilai konstanta tersebut dipenuhi dan default akan dijalankan jika semua cabang diatasnya tidak terpenuhi. Pernyataan break menunjukan bahwa perintah siap keluar dari switch. Jika pernyataan ini tidak ada, maka program akan diteruskan kecabang – cabang yang lainnya. Perhatikan contoh program dibawah ini menggunakan Switch- Case, untuk menentukan alat yang dikehendaki, seperti alat olahraga, alat elektronik atau alat masak.  Program 5.21 
include<stdio.h> #include<conio.h> #include<iostream.h> usingnamespacestd; main() { charkode; cout<<"MasukkanKodeBarang[A..C]:"; cin>>kode; switch(kode) { case'A': cout<<"AlatOlahRaga"; break; case'B': cout<<"AlatElelktronik"; break; case'C': cout<<"AlatMasak"; break; default: cout<<"AndaSalahMemasukankode"; break; } getch(); } 

 Keluaran program diatas adalah: MasukkanKodeBarang[A..C]:B AlatElelktronik 

Next read ON halaman 17.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »